INFORMASI :

Selamat Datang Di Desa Online Website Resmi Desa Kretek Kecamatan Rowokele Kabupaten Kebumen

MUSYAWARAH DESA PENETAPAN ANGGARAN PENDAPATAN DAN BELANJA DESA TAHUN ANGGARAN 2023

MUSYAWARAH DESA PENETAPAN ANGGARAN PENDAPATAN DAN BELANJA DESA TAHUN ANGGARAN 2023

Kretek News, - Musyawarah Desa Penetapan APB Desa Tahun Anggaran 2023 diselenggaran oleh BPD dan di fasiliasi oleh Pemerintah Desa di Aula Balai Desa pada jam 13.00 wib sampai dengan selesai

Sambutan Kepala Desa Kretek, Terimakasih atas kehadiran di acara musyawarah desa penetapan Apbdesa tahun anggaran 2023, penetapan ini adalah syarat untuk pendapatan dan belanja tahun 2023. Selain itu desa kretek mengadakan program sedekah sareng sareng untuk mendukung adanya mobil siaga atau ambulance dari RSU Purbowangi.

Sambutan Camat Rowokele, proses tahapan apbdes ini harus melalui aturan aturan yang ada. Disesuai pagu yang ada di PMK no 201 tahun 2022. 

Soal BLT DD minimal 10% dari Dana Desa atau 35 kpm yang menerima. Di Kretek 48 kpm artinya sudah memenuhi standart minimal 10%. Untuk menentukan calon kpm harus diadakan musdessus. 

Kriteria yang menjadi calon kpm :

1. Kehilangan mata pencaharian

2. Memiliki anggota rumah tangga yang punya penyakit menahun

3. Rumah tangga lansia

Ketahanan pangan minimal 20%, di kretek 19,95% maka harus ditambah minimal 0,05%, Op pemdes yaitu 3%.

Untuk pembangunan fisik harus ada PKT yg minimal 50% dari biaya kegiatan tersebut.

Sambutan Kapolsek Rowokele, laksanakan anggaran dana desa sesuai aturan dan silahkan masyarakat mendukung pemerintah desa. Bila belum paham bisa ditanyakan ke pemerintah desa tidak usaha kirim surat kemana mana, lebih baik tanyakan langsung ke pemerintah desa. Jangan sampai ada kerugian negara dalam melaksanakan anggaran dana desa ini. Untuk desa Kretek dalam pengelolaan keuangan sudah termasuk bagus.

Pemaparan oleh Ketua BPD bapak Mardiyo ke peserta musyawarah tentang Apbdesa tahun anggaran 2023 yang akan ditetapkan, masih ada 300jt an yang belum masuk anggaran

Tambahan dari Pak Camat, lengkapi anggaran yang ada di ketahanan pangan baru Prioritaskan yang ada di rkp desa yang belum terdanai karena adanya surplus 300jtan.

Setelah dana lebih sudah di masukkan ke kegiatan kegiatan dan dipaparkan lagi ke forum musyawarah. Akhirnya peserta musyawarah menyetujui dan mufakat.

Pada hari ini rabu tanggal 28 Desember 2023 Ketua BPD menetapkan APBDesa tahun anggaran 2023. 

Bagikan :

Tambahkan Komentar Ke Twitter